satu di antara aspek penyokong keberadaan blog atau situs kita dalam search engine results page (serp) yaitu backlink. sebaliknya membentuk suatu backlink dipandang seperti tanggal yang fundamental waktu membuat blog yang seo-friendly. lantaran itu  harus hukumnya untuk beberapa pemilik blog atau situs untuk mengenali beragam jenis tautan balik maka blog mereka lebih punya potensi buat ada di halaman pertama mesin pencari.

saat sebelum mengulas beberapa macam backlink  kita perlu mengenali apakah itu backlink. sederhananya  back-link yaitu link atau link yang menuju ke blog kita. kebanyakan  backlink terpasang oleh blog atau situs lain punyai sumber atau rekomendasi dari situskita.ada 8 jenis back-link yang dapat dipakai untuk mengoptimisasi blog kita di mesin pencari. baiknya 8 backlink ini dipakai secara bertepatan maka optimasi blog kita dapat jalan secara maksimal. 

Contextual Backlink

tautan balik kontekstual begitulah  dibikin simpel dan sederhana . triknya  anda cukup menulis sebuah artikel atau postingan, selanjutnya selipkan link atau link yang menuju ke blog kita. kebanyakan backlink kontekstual ini dipakai jika ada sisi dari konten atau artikel yang menunjuk atau mengambil sumber dari blog kita.

Blog Comment Backlink

type back-link ini memanfaatkan fitur kotak kometar dari situs atau blog seseorang buat masukkan link blog kita. akan tetapi , tak sebarang situs atau blog dapat jadi fasilitas'promosi' back-link ini. blog sebagai tujuan kita melakukan back-link, menyadari punyai topik yang berkaitan dengan blog kita . kecuali itu , semakin sedikit orang yang turut memberikan komentar di blog itu , lebih tinggi kesempatan blog kita disaksikan oleh pengunjung blog itu.

Link Profile Backlink

termasuk simpel buat diterima . triknya , kita bikin profile , baik itu social media , situs usaha kita, directory ulasan situs atauindustri. selanjutnya , kita isi biodata profile kita, tergolong alamat blog atau situs yang kita punya i. hasilnya , jadilah back-link blog atau situs kita dari link profile yang kita punyai.

Social Bookmark Backlink

tautan balik bookmark sosial adalah satu basis atau tempat buat simpan beberapa link website. jenis back-link ini sangat populer , maka umum terjadi spamming back-link melalui platform. hasilnya, pemakai harus banyak jumlah persyaratan serta keputusan yang sulit hanya untuk mendapat back-link buat blog mereka. 

Blogroll Backlink

tautan balik blogroll sangat populer di golongan blogger lama , bertahannya pemakai blogspot atau wordpress. di halaman blog atau situs , ada sidebar yang berisi kelompok blogroll dari pengunjung. sayang , fitur blogroll tidak lagi dipakai sekarang karena blog harus bersih dari widget yang tidak diperlukan .

Document or Image Sharing Backlink

naskah atau gambar berbagi back-link ini memanfaatkan fitur seperti berbagi naskah atau gambar untuk mendapatkan backlink . sudah pasti , dokumen atau gambar yang ditaruh harus diangkat terlebih dahulu agar dapat terhubung dengan blog kita. ketika menimang dokumen , masukan saja link yang menuju ke blog kita. sementara itu sewaktu menyentuh gambar, kita langsung bisa masukkan blog kita di kolom deskripsi gambar itu.

Social Media Backlink

type back-link ini manfaatkan akun media sosial kita untuk mendapat back -link ke situs kitaatau blog . sama juga dengantautkan tautan balik profil, kita dapat memanfaatkan kolom blog untuk menyimpan blog kita . seperti instagram, kita dapat memanfaatkan fitur geser ke atas untuk menyimpan link blog kita serta mendapatkan back -link di dalamnya. 

Footer Backlink

jika kalian adalah freelancer atau blogger yang melaksanakan proyek di blog lain , kalian dapat menempatkan link situs atau blog kalian di footer blog itu. sudah pasti ,blog simpanan backlink nya harus dioptimalkan maka dapat memperoleh perjalanan yang maksimal. sayang,backlink footer tidak kembali dipakai karena kurang efektif. 

8 jenis back link tersebut dapat dipakai untuk mengoptimalkan optimasi blog kita maka dapat ada di halaman pertama mesin kita. pastinya backlink ke-8 itu harus dipakai secara bermacam-macam maka dapat menciptakan nilai seo yang maksimal.